HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG POLA MAKAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH (4-5TAHUN) DI TK WACHID HASYIM KEDUNG TOMAS SURABAYA

Authors

  • Sri Wilujeng
  • VIRKI WIDOYANTI
  • SITI WIDYAWATI

Keywords:

Pengetahuan, Pola Makan, Status Gizi, Anak Usia Prasekolah

Abstract

Salah satu masalah kesehatan dan sosial yang dihadapi masyarakat adalah status gizi yang meliputi status gizi kurang, status gizi baik dan status gizi lebih. Gizi sangat berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan manusia terutama pada anak usia prasekolah (4-5 tahun). Status gizi juga dipengaruhi oleh pengetahuan ibu tentang pola makan anak karena dapat mempengaruhi sikap ibu dalam pemberian makan serta tindakan ibu dalam memilih makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang pola makan dengan status gizi pada anak usia prasekolah (4-5 tahun) di TK Wachid Hasyim Kedung Tomas Surabaya. 

Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan cross sectional. Populasinya adalah semua ibu dan anak prasekolah di TK Wachid Hasyim yang berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang pola makan anak dalam kategori kurang dengan status gizi anak kurang sebanyak 12 orang (40%).  Analisis data yang digunakan adalah uji Spearman’s rho dengan p value (0,000) < α (0,05) artinya ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang pola makan dengan status gizi pada anak usia prasekolah (4-5 tahun) di TK Wachid Hasyim Kedung Tomas Surabaya. 

Status gizi ini ditentukan oleh pemberian makanan dan tindakan pemberian makanan yang baik untuk mendapatkan status gizi baik. Maka dari itu pengetahuan ibu tentang pola makan sangatlah penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak usia prasekolah.

Downloads

Published

2022-10-07