PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP KEMAMPUAN IBU DALAM MERAWAT PERIANAL TODDLER YANG MEMAKAI DIAPERS DI POSYANDU DESA KEDUNGHARJO KECAMATAN WIDANG KABUPATEN TUBAN

Authors

  • IKA LARASATI
  • DEDY ANDIKA PUTRA
  • SUMI HERNAWATI

Keywords:

pendidikan kesehatan, kemampuan, perawatan perianal, ibu, toddler

Abstract

Ibu sering memakaikan diapers pada toddler, namun jika ibu tidak merawat dengan tepat, akan menyebabkan ruam popok. Pendidikan kesehatan merupakan cara efektif  meningkatkan kemampuan ibu dalam merawat perianal toddler. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan terhadap kemampuan ibu dalam merawat perianal toddleryang memakai diapers.

Desain penelitian ini adalah pra experimental dengan jenis one group pre-post test design. Populasi sebanyak 58 ibudi Posyandu Kedungharjo diambil dengan menggunakan total sampling, sehingga sampel didapatkan 30 ibu. Variabel independen adalah pemberian pendidikan kesehatan dan variabel dependen adalah kemampuan ibu dalam merawat perianal toddler yang memakai diapers. Pendidikan kesehatan diberikan dengan metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Analisis menggunakan uji wilcoxon signed rank test dengan tingkat kepercayaan 95%.

Hasil penelitian menujukkan bahwa hampir seluruh ibu (77%) memiliki kemampuan merawat perianal toddler kurang baik sebelum diberi pendidikan kesehatan. Sebagian besar ibu (70%) memiliki kemampuan merawat perianal toddler sangat baik setelah diberi pendidikan kesehatan. Hasil uji wilcoxon signed rank test didapatkan nilai p=0,000. Hal ini berarti ada pengaruh kemampuan ibu dalam merawat perianal toddler sebelum dan sesudah diberi pendidikan kesehatan.

Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan kemampuan ibu dalam merawat perianal toddler. Penelitian lain diharapkan dapat dikembangkan lagi dengan metode seperti role play, audio visual sehingga ibu dapat melatih kebiasaan merawat perianal toddler dan dapat dijadikan suatu program kesehatan bagi Posyandu.

Downloads

Published

2022-10-07